“Battle Cooking” KARTINI DAY 2014

masak spageti
masak spageti

Berita oleh Ferry, siswa SMA Tri Ratna

Pertempuran memasak antar kelas merupakan sebuah acara yang dicanangkan oleh pihak SMA Tri Ratna dalam rangka memperingati hari Kartini, 21 April 2014. Dalam acara ini, pihak sekolah memberikan kesempatan kepada peserta didiknya untuk menghidangkan sebuah masakan kepada para guru yang sekaligus sebagai dewan jurinya dan ada satu pihak dari Yayasan Sekolah Tri Ratna yang ikut dalam proses penilaiannya.
Dalam pertempuran memasak ini diikuti oleh 6 kelas, yang semuanya hampir memiliki keterampilan memasak yang baik. Masakan yang diperlombakan dalam perlombaan ini adalah hidangan utama, hidangan penutup (desert), serta minuman. Hidangan utamanya adalah spagethi, sedangkan hidangan penutup adalah minuman kreasi para siswa/siswi SMA Triratna. Waktu yang ditentukan oleh pihak sekolah kepada para peserta didiknya dalam menghidangkan itu semua adalah 4 jam.
Hidangan utama hanya boleh di masak oleh siswa laki-laki, sedangkan desert dan minumannya boleh dilakukan oleh siswa maupun siswi. Acara ini hampir semuanya disambut antusias oleh siswa/siswi SMA Tri Ratna. Sedangkan dana yang digunakan oleh para siswa untuk membeli bahan-bahan keperluan memasak hanya diperoleh dari dana kas kelas mereka masing-masing. Tapi itu semua tidak mengurungkan niat kami untuk mengikuti acara yang bisa dibilang sangat jarang sekali dijumpai.
IMG_9214 S

Dimulai dari kelas XA yang menghidangkan Spagethi Bolognese, sebagai menu andalan kelas mereka, sedangkan desert-nya adalah “Fruity IceCream”. Untuk minuman yang mereka persiapkan adalah minuman sirup yang mereka beri nama “Sirup ala XA”. Dilihat dari cara menyiapkan hidangan mereka, dibutuhkan kekompakan dan rasa solidaritas yang besar, yaitu dalam pembagian kerja yang tertata cukup baik.
Selanjutnya kelas XB, mereka menghidangkan Spagethi yang mereka beri nama “Spagethi ala XB”. Untuk desert, mereka membuat “Pudding Custard” dan minumannya adalah “Guava Juice”. Saat saya mengunjungi ke kelas ini, kami terkejut melihat bahwa kelas ini menggunakan 8 kompor sekaligus untuk membuat hidangan dan kami mendapat informasi bahwa kelas ini menggunakan budget yang cukup besar
Kemudian kami mengunjungi kelas XI IPS, dimana para siswa-siswinya sedang sibuk membuat hidangan. Di kelas ini menu utamanya yaitu spagethi, diberi nama oleh mereka dengan julukan “Spagethi chicken sauce with cheese”, sedangkan desert mereka adalah “White and Chocolate Pudding” untuk minumannya, kelas ini membuat “Milkshake Oreo”.
Selanjutnya kami menghampiri kelas XI IPA, di kelas ini terlihat cukup bersih dan rapi dalam menghidangkan masakan yang telah ditentukan oleh pihak sekolah. Menu utama di kelas ini diberi nama “Spagethi Bolognese” tidak berbeda jauh dengan nama menu yang dihidangkan oleh kelas XA tetapi belum tentu dari segi cita rasanya. Untuk desert, mereka menyiapkan “Tropical Pancake” yang terdiri dari banyak macam buah yang ada, dan mampu meningkatkan selera makan bagi yang melihatnya. Sedangkan minumannya mereka menyiapkan “Melon Crus” sebagai pendamping “Tropical Pancake”

penjurian
penjurian

Beralih ke kelas XII IPS, di kelas ini yang cukup menarik saat melihat Desert mereka yang unik, yang mereka beri nama sendiri yaitu “Bolu Cream Rame-Rame”. Menu utama mereka dinamai dengan “Spagethi Jamur” sedangkan minuman yang mereka hidangkan adalah “Strawberry Lemon”.
Selanjutnya beranjak ke kelas XII IPA, di kelas ini sangat terlihat kecakapan mereka semua dalam menghidangkan masakan. Dalam pembagian tugas kerja, sangat baik hampir tidak berbeda jauh dengan kelas XA. Menu utama yang dihidangkan diberi nama dengan nama “Spagheti BlackPaper”. Terdengar dari namanya, spagheti ini mungkin siap mengguncang lidah para dewan juri dengan sensasi rasa pedasnya. Sedangkan menu desertnya adalah “Banana Split”, untuk minumannya mereka menyiapkan “Blue Ocean” yang dapat memikat bagi yang ingin meminumnya dengan sensasi lautan yang biru.
Dalam pembicaraan para juri, sempat para juri mengungkapkan bahwa ternyata siswa-siswi SMA Tri Ratna memiliki bakat yang belum pernah ditunjukkan para siswa. Sisi kreatif siswa diperlihatkan dalam bidang masak-memasak. Luar biasa.
Acara ini memiliki makna tersendiri di dalamnya, serta dapat memberikan beberapa motivasi bagi para siswa yaitu meningkatkan rasa solidaritas, rasa kebersamaan, manajemen waktu, koordinasi pembagia kerja, dan kreatifitas. Harapan para siswa, semoga program maupun acara ini dapat berlangsung kembali. Selamat Hari Kartini.

IMG_9269 S

IMG_9268 S

IMG_9274 S

IMG_9273 S

IMG_9271 S

IMG_9270 S