KUNJUNGAN KE DINAS KEBAKARAN DKI JAKARTA

pemadam kebakaran TK Tri Ratna
pemadam kebakaran TK Tri Ratna

“Jangan bermain korek api” kata salah satu siswa TK Tri Ratna ketika ditanya cara mencegah kebakaran oleh petugas dari Dinas Kebakaran DKI Jakarta. Saat itu hari Selasa, 2 April 2014, siswa TK mengunjungi Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana DKI Jakarta di Jl. KH. Zainul Arifin Jakarta Pusat.

Dengan antusias siswa TK mengikuti kegiatan mulai dari tanya jawab mengenai kebakaran, cara mencegah kebakaran, cara mengatasi kebakaran dan menanggulangi bencana. Kemudian acara dilanjutkan dengan melihat film tentang pemadam kebakaran. Setelah selesai menonton siswa TK diajak bermain lomba mengenakan pakaian petugas pemadam kebakaran. Lomba berlangsung seru dan lucu pada saat siswa sedang beradu cepat mengenakan baju yang terlalu besar untuk badan seumuran anak TK.

Kemudian acara dilanjutkan dengan melihat peralatan pemadam kebakaran, seperti mobil-mobil yang digunakan untuk memadamkan kebakaran. Ternyata tidak hanya mobil pembawa air dan penyemprot air saja, ada banyak mobil pendukung petugas lainnya seperti, mobil pengangkut korban, mobil kipas asap, dan lain-lain.
Kemudian anak-anak diajak berkeliling dengan mobil pemadam kebakaran mengitari daerah Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta. Di akhir kegiatan, siswa diajak untuk berbasah-basahan melakukan simulasi pemadaman kebakaran dengan menyemprotkan air, layaknya sedang memadamkan api.

mendengarkan penjelasan petugas pemadam kebakaran
mendengarkan penjelasan petugas pemadam kebakaran
Simulasi memadamkan api
Simulasi memadamkan api