Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah

Kamis (27/7/2017)

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) atau yang biasa dikenal dengan Masa Orientasi Siswa atau Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB) merupakan kegiatan rutin tahunan. MPLS merupakan sarana pengenalan peserta didik baru tentang sekolahnya. Pengenalan ini berkaitan dengan lingkungan sekolah, siswa, guru, karyawan, dan kegiatan-kegiatan seperti ekstrakurikuler, studi lapangan, retret ataupun yang lainnya. MPLS juga merupakan ajang siswa untuk belajar, baik melalui seminar maupun permainan untuk melatih kedisiplinan, organisasi, metode belajar efektif, bela negara, dan wirausaha.

Di Sekolah Tri Ratna MPLS dilaksanakan pada awal dimulainya tahun pelajaran dengan diisi banyak kegiatan yang bermanfaat dan menarik. Seperti seminar Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan, yang dibawakan oleh DR. dr. Eka Wahyu Kasih, SH., MM., MH. Kemudian seminar menarik mengenai Entrepreneur oleh Yasa P Singgih yang berjudul Never Too Young To Become A Billionaire. Belajar organisasi bersama Himpunan Mahasiswa Buddhis Indonesia (Hikmabudhi) oleh Kak Niko dan Kak Ari. Dilanjutkan dengan seminar motivasi oleh Roby Oktober.

Kegiatan ini membantu siswa untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang baru, mengenali potensi, interaksi positif antar warga sekolah dan menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.