Peringatan Magha Puja

kebaktian Magha Puja
kebaktian Magha Puja

Sekolah Tri Ratna yang merupakan sekolah yang konsisten dalam menerapkan nilai-nilai ajaran Buddha. Salah satunya dengan selalu memperingati hari besar agama Buddha, Magha Puja. Tahun ini merupakan peringatan yang ke 2559 menurut penanggalan Buddhis.

Peringatan di Cetya Sekolah Tri Ratna dengan mengadakan kebaktian bersama dimulai pukul 07.00 WIB, Selasa 23 Februari 2016. Kebaktian dibagi beberapa sesi dari masing-masing unit sekolah yang ada, dimulai dari TK, SD, SMP, SMA dan SMK. Penceramah yang hadir dari Wihara Ekayana yaitu Biku Nyana Badra. Sekilas pada sesi kebaktian SMP, Biku Biku Nyana Badra menerangkan tentang pentingnya pengendalian diri dalam kehidupan. Pengendalian diri merupakan salah satu prinsip-prinsip yang diajarkan Guru Agung Buddha dalam pertemuan 1250 biku. Ajaran ini biasa disebut Ovada Patimokkha.

Hari Magha Puja menjadi istimewa dan unik dikarenakan oleh beberapa hal, yaitu:
1. Sebanyak 1250 Biku yang telah mencapai kesucian Arahat, berkumpul tanpa diundang untuk menemui Guru Buddha di Wihara Veluvana, Rajagaha.
2. Semua Biku yang berkumpul ditahbiskan sendiri oleh Buddha dengan kata penahbisan “Ehi, Bhikkhu” Kemarilah, Biku.
3. Guru Buddha memberi nasihat untuk menuju pembebasan, yang dikenal dengan Ovada Patimokkha yang berisi prinsip-prinsip ajaran Buddha.
4. Keseluruhan peristiwa ini terjadi di hari yang sama pada bulan purnama di bulan Magha setelah masa vasa yang pertama.

Salah satu prinsip yang terkenal dalam ajaran Buddha adalah:
“Janganlah berbuat kejahatan,
Perbanykalah perbuatan baik
Sucikan hati dan pikiran
Itulah ajaran semua Buddha”

Selamat hari Magha Puja.