Never Too Young To Become A Billionaire

Kata-kata yang diambil dari judul sebuah buku motivasi karya Yasa Paramita Singgih ini sungguh menampar kita semua, membuka mata kita semua, bahwa sukses di usia muda itu adalah hal yang sangat mungkin. Yasa membuktikannya dengan usianya yang muda tetapi telah menjadi entrepreneur yang berprestasi. Sejak di bangku sekolah sudah jatuh bangun ia lalui dalam hal berbisnis, yang kemudian akhirnya dia membangun sebuah bisnis yang sukses hingga saat ini. Men’s Republic. Banyak penghargaan diraih, diundang di berbagai media cetak dan televisi maupun di perusahaan dan lembaga pendidikan.

Hari Selasa, 7 Februari 2017, Yasa Singgih berkesempatan berbagi pengalaman, berbagi trik-trik, strategi ataupun pola pikir dalam berbisnis pada usia muda. Bertempat di Sekolah Tri Ratna, Yasa Singgih menginspirasi siswa-siswi SMK TRI RATNA untuk memulai berbisnis dari nol. Ia bercerita bahwa sejak dari SMA sudah mulai mencari uang sendiri dari bekerja di EO, berjualan online, hingga membuka kedai kopi. Rugi ratusan juta rupiah pun pernah ia alami pada usia 18 tahun.

Pada usia 19 tahun tepatnya pertengahan tahun 2014, Yasa memulai kembali perjalanan bisnisnya dari 0. Melihat peluang yang sangat besar, ia membangun merk fesyen pria yang fokus di sepatu dengan nama Men’s Republic. Berawal dari menjalankan bisnisnya sendiri & hanya dari 4 lusin produksi sepatu pertamanya, kini Men’s Republic telah berkembang menjadi merk fesyen lokal yang sangat dicari oleh masyarakat. Pelanggan Men’s Republic kini sudah sampai ke seluruh
Indonesia dan 12 negara di Asia. Saat ini Yasa mendirikan perusahaan bernama PT Paramita Singgih untuk menaungi bisnisnya tersebut. Visi PT Paramita Singgih adalah menjadi perusahaan pemilik merk consumer goods berbasis online terbanyak, terbesar & terbaik di Indonesia. Ia bertekad menjadikan perusahaannya sebagai salah satu asset kebanggaan bangsa Indonesia. Terbaru, prestasi yang diraih adalah; The Youngest Forbes 30 Under 30 Asia in Retail & E-commerce Category 2016.

Meskipun bisnisnya sukses, Yasa tetap tidak meninggalkan belajarnya. Saat ini ia masih belajar di sebuah Universitas terkenal di Jakarta, tepatnya semester 7. Mottonya ” full time entrepreneur, part time student, life time learner”. Pesan Yasa pada siswa-siswi SMK TRI RATNA; Jangan takut mencoba, jangan takut gagal, terus belajar dalam membangun kerajaan bisnisnya sendiri”. Semoga seminar ini dapat menginspirasi siswa-siswi SMK TRI RATNA untuk mencapai cita-cita, dan semangat dalam berusaha.