Peragaan Keterampilan Yoga SMA Tri Ratna

Yoga bukan lagi sebuah kata asing bagi kita, bahkan di masyarakat pun sudah banyak tempat-tempat pelatihan yoga. Yoga berasal dari ilmu praktis dari ajaran Veda. Menurut Wikipedia, Yoga berarti “penyatuan” (bahasa Sansekerta), yang bermakna “penyatuan dengan alam” atau “penyatuan dengan Sang Pencipta”. Yoga menitikberatkan pada aktifitas meditasi atau tapa dimana seseorang memusatkan seluruh pikirannya untuk mengontrol pancainderanya dan keseluruhan tubuhnya. Di Buddhis bisa disebut samadhi atau bhavana. Orang mengenal yoga merupakan aktivitas latihan postur (asana) dan biasa dilakukan dengan latihan pernafasan, olah tubuh, dan meditasi. Banyak manfaat dari latihan yoga ini, diantaranya dalam bidang kesehatan, keseimbangan tubuh, keseimbangan pikiran, pengendalian diri/emosi, kebugaran, ketenangan, konsentrasi, dan lain sebagainya. Khusus untuk manfaat konsentrasi ini sangat bermanfaat untuk pelajar.

Berkaitan dengan latihan yoga, SMA Tri Ratna juga memiliki kegiatan ekstrakurikuler yoga dengan pesertanya adalah siswa-siswi kelas XII. Kegiatan ini dilatih oleh praktisi yoga, Bapak Budi dan dilaksanakan setiap hari jumat. Setiap tahun diadakan lomba peragaan yoga untuk memotivasi siswa dalam latihan yoga. Tahun ini, peragaan yoga dilaksanakan pada Jumat, 24 Februari 2017 dengan beberapa siswa yang mendapat predikat memperagakan yoga dengan baik, yaitu Daniel, Dita, Jessica, Rena, Yulanda, Rina, dan Monica.

Asana yang diperagakan meliputi 3 macam, yaitu Padmasana (duduk teratai seperti posisi Buddha duduk), Suryanamaskara (posisi menghormat pada matahari), dan Sarvangasana (sikap badan yang membalik).
“Tentunya harapan dari kegiatan yoga ini adalah untuk meningkatkan konsentrasi yang dapat membantu dalam belajar, ketenangan, kebugaran, kesehatan, pengendalian emosi, dan keseimbangan baik fisik maupun psikis” tutur Bapak Budi. Kegiatan positif ini tentu saja menjadi kegiatan yang baik untuk siswa kita dan perlu dilanjutkan untuk memetik manfaat yang baik untuk pelajar.