PERAYAAN TAHUN BARU IMLEK DAN CAP GO MEH

(Berita oleh Ferry – Siswa SMA Tri Ratna)

Menghias Kelas
Dalam menyambut perayaan Imlek di tahun 2014, sekolah kami yang berada di daerah Tamansari, Jakarta Barat, ikut serta dalam merayakan hari perayaan Imlek. Salah satu perayaan tersebut yaitu memberikan pernak pernik imlek yang dilakukan siswa di setiap kelas yang berada di sekolah kami yaitu Sekolah Tri Ratna.

Hiasan imlek di kelas
Hiasan imlek di kelas

Tidak hanya untuk mempercantik kelas saja, tetapi acara menghias kelas ini juga dipergunakan sebagai ajang Lomba yang diadakan antar kelas, dan penilaian diambil oleh guru-guru di sekolah kami. Dalam kegiatan acara menghias kelas, sebenarnya banyak kendala yang dihadapi oleh para siswa, salah satunya anggaran yang memakan cukup banyak biaya untuk membeli pernak pernik Imlek dan kekompakkan kelas. Walaupun ada kendala, hal ini tidak menyurutkan siswa dalam kegiatan “Menghias Kelas” ini. Dalam kegiatan ini, semua perangkat kelas dan anggotanya ikut ambil alih dalam menghias kelas tersebut. Tentu saja respon positif dari guru yang diterima oleh kami menjadi motivasi kita semua. GONG XI FA CAI!

Kesenian Barongsai
Selain acara menghias kelas yang dilakukan oleh sekolah kami, Sekolah Tri Ratna juga mengadakan acara kesenian yang berasal dari China, yaitu Kesenian Barongsai. Kesenian ini sangat jarang dijumpai di daerah Jakarta, apabila ada, itupun semua pasti ada di kala hari-hari besar tertentu saja. Salah satunya seperti hari perayaan Cap Go Meh.
Sekolah kami juga turut mengundang acara kesenian Barongsai pada Cap Go Meh tahun ini. Acara ini berlangsung cukup meriah, tidak hanya para siswa dan guru saja yang menyaksikan acara kesenian Barongsai ini, tetapi masyarakat sekitarpun juga ikut melihat penampilan acara barongsai ini, walaupun melihatnya hanya dari luar lingkungan sekolah saja.

Barongsai
Barongsai

Terlihat sekali partisipasi siswa dan para guru yang cukup besar untuk menyaksikan acara kesenian Barongsai tersebut. Selain menyaksikan pertunjukannya, para siswa juga memberikan Angpao secara langsung kepada barongsai tersebut, tetapi juga yang hanya ingin meminta foto bersama barongsai tersebut.
Kesenian Barongsai ini selain melakukan atraksinya di lapangan sekolah, mereka juga melakukan atraksinya di dalam kelas-kelas yang telah disediakan Angpao, para Barongsai ini terlihat terampil mengambil angpao yang telah disediakan di kelas–kelas.

Identik dengan Merah
Imlek maupun Cap Go Meh sangat identik dengan warna merah. Jadi, dari pihak sekolah pun juga menganjurkan siswanya untuk mengenakan pakaian yang berwarna merah untuk merayakan Cap Go Meh. Bukan hanya dari siswa saja, tetapi dari pihak gurupun juga diperkenankan menggunakan pakaian yang serba merah. Warna-warna yang membuat suasana menjadi meriah dan bersemangat.
IMG_0749

kami dari siswa berharap semoga acara ini dapat dilaksanakan kembali pada tahun depan, yang tentunya diharapkan lebih menarik lagi daripada tahun ini.Selamat Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh.

Atraksi barongsai
Atraksi barongsai