PERINGATAN HARI MAGHA PUJA

Kebaktian magha puja Sekolah Tri Ratna
Kebaktian magha puja Sekolah Tri Ratna

Tepat di hari Jumat, 14 Februari 2014, sekolah Tri Ratna memperingati hari keagamaan Hari Magha Puja dan Cap Go Meh.
Acara dimulai dengan dua sesi kebaktian dan dua lokasi. Kebaktian yang pertama dimulai pukul 07.30 WIB oleh siswa dari SD Tri Ratna bertempat di Cetya, dan siswa SMP Tri Ratna kebaktian di lapangan TK. Kemudian kebaktian sesi kedua dilaksanakan pukul 09.00 WIB oleh para siswa SMA Tri Ratna di lapangan TK, dan siswa SMK di Cetya. Pada perayaan Magha Puja tahun ini dihadiri oleh dua biku yaitu Biku Bodhi dan Biku Kamthun yang memberikan Dhammadesana mengenai sila-sila yang dilakukan oleh para biku dan sila yang dipraktekkan oleh umat.

IMG_0689

Magha Puja merupakan peringatan peristiwa luar biasa pada zaman Buddha Gotama. Peristiwa Magha Puja ini diawali ketika Buddha berada di Taman Tupai, hutan bambu Veluvana-arama, di kota Rajagaha pada bulan Magha.

Pada saat yang sama Buddha dikunjungi oleh para Biku yang telah mencapai tingkat kesucian Arahat dan memiliki beberapa kemampuan abhinna. Dengan keinginan sendiri dan tanpa saling memberitahukan terlebih dahulu satu dengan yang lain, Mereka masing-masing pergi untuk mengunjungi Buddha. Pertemuan tanpa disengaja oleh para Biku Arahat di Taman Tupai itu dihadiri dalam jumlah mencapai 1250 orang Biku. Pada kesempatan itu Buddha mengadakan uposatha dan melakukan “Ehi Bhikkhu Upasampada” kepada mereka, yaitu pentabisan Biku dengan memakai ucapan Ehi Bhikkhu (datanglah, O, para Bhikkhu). Setelah mengadakan Ehi Bhikkhu Upasampada selanjutnya Beliau memberikan pembabaran “Ovadapatimokkha” kepada Mereka.

Siswa SMK Tri Ratna
Siswa SMK Tri Ratna

Ovadapatimokkha merupakan salah satu Dhamma yang sangat diminati oleh para Bijaksana, yang ingin melaksanakan kedisiplinan dalam bersila, terutama diminati oleh seorang Biku yang sedang melaksanakan kehidupan suci. Salah satu pembabaran Buddha tentang Ovadapatimokkha yang sangat indah dan dikenal oleh banyak umat Buddha adalah “Tidak melakukan segala kejahatan, senantiasa melakukan kebaikan, dan menyucikan hati dan pikiran; Inilah ajaran para Buddha”.

Kegiatan peringatan Magha Puja ini bertujuan untuk meningkatkan keyakinan dalam beragama, menambah pengetahuan tentang hari besar agama Buddha, serta mempraktekan dalam kehidupan sehari-hari.
IMG_0699

Siswa SMA menyanyikan lagu-lagu buddhis
Siswa SMA menyanyikan lagu-lagu buddhis