Peringatan Magha Puja 2017

Setiap bulan Februari tepat pada bulan purnama, merupakan waktu untuk memperingati hari Magha Puja (perayaan hari keagamaan). Waktu ini juga bertepatan dengan perayaan Cap Go Meh, atau 15 hari setelah tahun baru Imlek. Sekolah Tri Ratna memperingati hari raya Magha Puja dengan mengadakan Puja bakti bersama pada hari Senin, 13 Februari 2017. Diawali dari siswa-siswi SD pada pukul 7.00 WIB, kemudian dilanjutkan unit SMP, SMA, dan SMK. Magha Puja yang ke 2560 atau tahun 2017 ini dihadiri oleh Bhante Bhadrasena, Samanera Bhadrajvara, dan Samanera Bhadrakara.

Bhante Bhadrasena memberikan Dhammadesana mengenai 4 keistimewaan peristiwa lampau pada jaman Buddha Sakyamuni pada bulan Magha di Vihara Veluvana-arama Rajagaha yang diperingati sebagai hari Magha Puja. Keempat keistimewaan itu adalah berkumpulnya 1250 Bhikkhu, berkumpulnya tanpa diundang atau tanpa kesepakatan, para Bhikkhu telah mencapai tingkat kesucian Arahat, semua Bhikkhu itu ditabiskan oleh Buddha sendiri dengan Ehi Bhikkhu Upasampada. Buddha membabarkan dhamma Ovada Patimokha tentang prinsip-prinsip ajaran.

Bhante juga bercerita bahwa ajaran Buddha yang sering kita dengar dan ada dalam buku Dhammapada XIV 183, yaitu “Janganlah berbuat kejahatan, perbanyaklah perbuatan baik, sucikan hati dan pikiran, inilah ajaran para Buddha”. Janganlah berbuat kejahatan dapat diartikan dengan menjalankan Pancasila Buddhis untuk para umat dalam kehidupan sehari-hari. Perbanyaklah perbuatan baik dapat dipraktekkan dengan berdana, menolong orang lain, dan lain-lain. Sedangkan untuk menyucikan hati dan pikiran dapat dilaksanakan dengan bermeditasi. Bhante juga berpesan supaya selalu sadar dan menjaga pergaulan, jangan sampai salah jalan.

Selamat Hari Raya Magha Puja!