Perkemahan Pramuka SMA & SMK

IMG_8579
Merasakan sensasi hidup di alam bebas, tidur beratapkan langit, berlantaikan tanah, berkasurkan tiker, dengan pendingin alami yang lebih dingin dari AC bermerek. Ditambah lagi masak, makan, cuci, bersih-bersih dilakukan dengan mandiri. Ibarat petualangan seru bagi anak-anak yang terbiasa hidup di perkotaan. Sangat seru dan selalu menjadi kegiatan yang dikangeni siswa.

Selain kegiatan yang mengasah kemandirian, banyak kegiatan lain yang bermanfaat dalam Kemah Pramuka yang diikuti siswa-siswi kelas 2 SMA TRI RATNA pada 10-12 Maret 2016 di Taman Nasional Gunung Halimun Salak, tepatnya di kawasan perkemahan Curug Cihurang, Bogor. Sedangkan untuk kelas 2 SMK dilaksanakan pada tanggal 8 – 10 April 2016, ditempat yang sama. Kegiatan seru lain diantaranya hiking sambil membuat peta menuju pintu masuk pendakian gunung Salak di pos Pasir Reungit, kemudian dilanjutkan ke kawah mati, gunung Salak 1, materi kepramukaan, tali-temali, belajar sandi Morse, sandi rumput, sandi paku, semaphore, permainan, bersosial dengan warga, dan upacara pelantikan. Malam terakhir area perkemahan diguyur hujan, membuat beberapa acara terpaksa tidak dilakukan.

Kegiatan ini bermanfaat untuk siswa untuk melatih nilai-nilai cinta alam, kedisiplinan, kreatifitas, kemandirian, kebersamaan, bertahan hidup (survive), sosial, dan cinta terhadap Tuhan YME.

IMG_0722