Retret Guru dan Karyawan

Setiap hari kita dihadapkan dengan rutinitas pekerjaan, yang kadang membuat kita letih, jengkel, kesal, marah, sedih, kecewa, dan sebagainya. Membuat hidup seolah-olah medan perang derita yang mau tak mau harus kita lewati. Bergumul dengan pergulatan batin maupun fisik yang membuat menjadi tidak produktif. Bagaimana membuat tubuh ini istirahat sejenak, menikmati hidup saat ini dengan kedamaian dan ketenangan, hidup lebih sadar, bahagia, sehingga kedepannya membawa manfaat yang lebih baik?

Berhubungan dengan persoalan di atas, Sekolah Tri Ratna melalui Wihara Ekayana mengadakan kegiatan Retret Hidup berkesadaran untuk para Guru dan Karyawan. Acara diadakan pada 12 – 15 Oktober 2016 di Pondok Sadhana Amitayus, Bogor, dengan tema “Mengispirasi Dari Dalam, Melalui Mindfulness”. Kegiatan dibimbing langsung oleh Biku-biku dari Wihara Ekayana. Kegiatan ini merupakan program tahunan di Sekolah Tri Ratna.

Belajar hidup berkesadaran sebenarnya merupakan kegiatan rutinitas keseharian di rumah seperti berjalan, duduk, bekerja, makan, dan sebagainya. Namun kita berlatih untuk menyadari dengan apa yang sedang kita lakukan. Berlatih untuk membuat diri menjadi sadar penuh dengan aktifitas yang kita jalankan. Hidup pada masa saat ini, menikmati masa yang sekarang, masa lalu biarlah berlalu, dan masa yang akan datang belum tiba. Acara ini begitu menariknya, sehingga para guru dan karyawan menjadi begitu ceria, santai, dan solid. Didukung dengan kondisi alam dan tempat kegiatan yang nyaman dan indah, kegiatan menjadi lebih membawa kedamaian.