Unit KB – TK

PELETAK DASAR BUDI PEKERTI

TK TRI RATNA mulai beroperasi tahun 1982, dengan Jumlah siswa 135 yang ditampung dalam 5 kelas dan terdiri dalam 3 tingkatan yaitu 2 kelas TK kelompok A , 2 kelas TK kelompok B , dan 1 kelas TK Kelompok C, serta dibimbing oleh 5 orang tenaga guru yang berkompeten dalam bidangnya. Waktu belajar dibagi dua tahap yaitu kelas pagi yang dimulai pk. 07.15-pk. 09.45 dan kelas siang pk.10.00-pk.12.30.

Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia No. 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional, kelas Taman Kanak-kanak mengalami perubahan sebagai berikut :
• Anak-anak yang berumur 3-4 tahun masuk dalam kategori Kelompok Bermain
• Anak-anak yang berumur 4-5 tahun masuk dalam kategori TK Kelompok A
• Anak-anak yang berumur 5-6 tahun masuk dalam kategori TK Kelompok B
• TK C dihapuskan

study wisata ke istana negara
study wisata ke istana negara

Tahun 2002, Badan Akreditasi Nasional menetapkan TK TRI RATNA masuk kualifikasi A, dengan nilai 96,02. Hal ini mengindikasikan bahwa secara kurikulum, administrasi, dan fasilitas belajar mengajar TK TRI RATNA adalah salah satu penyelenggara pendidikan anak usia dini yang cukup berkompeten.
cooking class
cooking class

Tahun pelajaran 2012-2013 TK TRI RATNA memiliki 8 kelas terdiri dari 1 kelas Kelompok Bermain A, 2 kelas Kelompok Bermain B, 2 kelas TK kelompok A, 3 kelas TK kelompok B dengan dibimbing oleh 10 orang guru yang berkualitas dalam bidang pendidikan, sabar, penuh kasih sayang dan sangat memperhatikan para siswanya. Hal ini tentu membuat para orang tua senang dan percaya menitipkan buah hatinya di TK TRI RATNA, tentunya dengan harapan agar kelak bisa menjadi anak yang berguna, berbakti dan dicintai oleh keluarga juga lingkungannya.
mewarnai
mewarnai

FASILITAS & KEGIATAN

belajar dan bermain komputer
belajar dan bermain komputer

Pendidikan anak pra-sekolah mempunyai arti yang penting karena merupakan pengalaman pertama anak bersekolah dan sebagai peletak dasar pendidikan anak. Mengingat hal tersebut maka TK TRI RATNA berusaha semaksimal mungkin memberikan pelayanan siswa dengan berbagai kegiatan untuk mengembangkan psikomotorik dan psikologi anak, serta dilengkapi fasilitas untuk menunjang proses belajar anak, antara lain arena bermain, lapangan olah raga, perpustakaan, ruang kebaktian, ruang menari, kolam renang dll.
belajar meditasi
belajar meditasi

Kegiatan keluar berupa Studi Wisata diadakan dengan tujuan memperkenalkan secara langsung, lebih dekat, nyata dan berinteraksi langsung dengan kehidupan di luar, antara lain mengunjungi Ancol untuk melihat berbagai macam pertunjukan satwa, Taman Mini Indonesia Indah, Taman Burung, Pasir Mukti, Taman Safari Indonesia, Dinas Kebakaran DKI dll.

Anak yang memiliki bakat khusus diikutsertakan dalam berbagai macam lomba, seperti Lomba menari, mewarnai, menggambar, gerak jalan, bola keranjang, memindahkan bola, estafet, membaca syair, bernyanyi bersama dan peragaan busana. Prestasi TK TRI RATNA tidak hanya dilihat dari berbagai macam trofi dan piala yang diperoleh yang membawa nama baik sekolah di tingkat kecamatan maupun kota.

PELETAK DASAR BUDI PEKERTI

berdana
berdana

Pendidikan agama dan budi pekerti mendapat perhatian yang sangat serius. Nilai-nilai Buddhis seperti rasa kasih sayang terhadap semua mahluk, jujur, hormat kepada orang tua, suka menolong dll mulai ditanamkan sejak dini. Pembiasaan juga dilakukan setiap hari di bawah bimbingan guru, antara lain menjaga kebersihan, memberi salam, mandiri saat makan dan mengenakan sepatu.
Dalam proses belajar mengajar selain memperhatikan 5 aspek pendekatan, yaitu kognitif, psikomotorik, seni, pembiasaan dan bahasa, para guru senantiasa membimbing anak untuk senantiasa sadar.
Pengenalan secara dini Bahasa Inggris dan Mandarin juga menjadikan daya tarik tersendiri bagi para orang tua.

Kualitas para pendidik mendapat perhatian khusus. Selain meningkatkan kompetensi pendidikan formal para guru juga diikut sertakan dalam pelatihan-pelatihan pengembangan pendidikan, baik yang diselenggarakan oleh instansi pemerintah maupun swasta.

berbakti kepada orang tua
berbakti kepada orang tua

Berkat sentuhan penuh kasih dari para guru dan orang tua, semoga kuntum –kuntum bunga bermekaran dari TK Tri Ratna.