Unit SD

MENDIDIK SISWA BERPIKIR INISIATIF DAN KREATIF

SD TRI RATNA memulai kegiatan pertamanya di tahun 1982 dengan 65 siswa yang dibimbing oleh 5 orang guru ditampung dalam 3 kelas.
Tahun pelajaran 1993-1994 SD TRI RATNA pertama kali diakreditasi dan memperoleh status akreditasi disamakan. Status akreditasi saat ini Terakreditasi A.
Jumlah siswa kian meningkat dari tahun ke tahun, dan pada tahun pelajaran 2012-2013 terdapat 12 kelas dengan dibimbing oleh 12 guru wali kelas, 4 guru bidang studi dan 7 guru ekstrakurikuler.

musik ansambel
musik ansambel

SISTEM PEMBELAJARAN & PRESTASI SD

Proses pembelajaran yang diberikan oleh SD Tri Ratna sesuai dengan kurikulum Nasional Tingkat Satuan Pendidikan, di mana sekolah menempatkan sepenuhnya proses pembelajaran sebagai titik pijak untuk menggali pengalaman dan penghayatan khas siswa sendiri agar memiliki inisiatif berpikir, memiliki ide kreatif, dan mampu memecahkan masalah-masalah di kehidupan nyata kelak.

Pencapaian prestasi akademis dapat dilihat dari banyaknya perolehan piala dan piagam kejuaraan dalam lomba mata pelajaran baik tingkat kecamatan maupun tingkat kota Jakarta Barat bahkan di tingkat DKI dan Nasional. Sementara untuk peringkat sekolah dapat dilihat dari hasil perolehan Ujian Nasional, SD TRI RATNA pada tahun 2011-2012 mendapat peringkat II hasil perolehan UN Sekecamatan Tamansari. Hal ini dapat dicapai berkat kerja keras para siwa, bimbingan para guru serta adanya dukungan dari orang tua peserta didik. Melalui pertemuan orang tua siswa dengan guru telah terjalin hubungan yang baik, dan adanya keterbukaan sehingga terlihat suasana yang akrab penuh kekeluargaan dalam menangani masalah-maslah yang terjadi pada siswa.
Untuk meningkatkan kinarja para guru dalam pembelajaran, guru-guru diikutsertakan dalam seminar-seminar yang berhubungan dengan proses pembelajaran, seperti pembuatan silabus, dan penyusunan RPP, dan materi-materi pelajaran agar dapat mengembangkan pola pengajaran dan penyesuaian pengembangan kurikulum.

laboratorium IPA
laboratorium IPA

Keterkaitan kegiatan ekstrakurikuler dan prestasi belajar di sekolah
Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang mendidik dan membina siswa secara terkoordinasi dan terarah agar memiliki kemampuan, kecerdasan dan keterampilan. Melalui kegiatan ekstrakurikuler atau pengembangan diri, bakat dan minat siswa dapat tersalurkan.

Kegiatan pembelajaran sebagai ungkapan patriotism dan cinta kepada tanah air, agama dan sesama dapat dilihat dari kegiatan rutin Upacara Bendera, memperingati HUT Proklamasi RI, upacara keagamaan dan kepedulian kepada teman yang diberikan dalam pendidikan budi pekerti dan agama. Kegiatan yang rutin diadakan adalah memperingati hari ibu 22 Desember, PPD dan Perjusami.

Kegiatan olah raga yang sangat digemari oleh para siswa adalah basket, futsal dan renang. Dalam olah raga basket para siswa diikutsertakan dalam beberapa pertandingan persahabatan baik di lingkungan sekolah maupun di luar. Pelajaran renang diberikan kepada siswa kelas I dengan tujuan memperkenalkan dan melatih kemampuan anak dalam hal yang bersifat life saving, serta membantu perkembangan fisik siswa.

Kegiatan ekstrakurikuler lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa antara lain kegiatan menari, sempoa, seni musik, dokter kecil , seni lukis dan pramuka.

Pelajaran tambahan yang diberikan SD TRI RATNA yang tak kalah pentingnya serta mendapat perhatian yang cukup besar dari orang tua siswa adalah Bahasa Mandarin, Mathematics in English dan Komputer.

Berbagai kegiatan yang diberikan kepada siswa siswi SD TRI RATNA dengan harapan semoga para alumni kelak dapat membawa nama harum di persada tanah air Indonesia.

bakti kepada orang tua
bakti kepada orang tua