Unit SMA

MENGGERAKKAN GENERASI MUDA PEDULI MORAL

Evaluasi Praktek kerja lapangan
Evaluasi Praktek kerja lapangan

SMA TRI RATNA berdiri tahun 1982, dengan jumlah siswa 24 orang. Semula kegiatan belajar mengajar dilaksanakan pada siang hari, namun mulai tahun 1987, kegiatan belajar dipindahkan pagi hari.
Sejak pertama kali diakreditasi, tahun 1990 SMA TRI RATNA mendapat status DISAMAKAN. Terakhir, di tahun 2005 Sertifikat Akreditasi Sekolah dari Badan Akreditasi Sekolah Nasional menyatakan SMA TRI RATNA memperoleh nilai Akreditasi 90.50 dengan peringkat A (Amat Baik).

Sampai saat ini SMA TRI RATNA telah meluluskan lebih dari 1000 siswa. Pada umumnya mereka diterima di berbagai Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta baik di dalam maupun di luar negeri. Banyak alumni yang telah berperan dan memiliki posisi yang baik di tengah masyarakat.

Tenaga pengajar, sarana pendidikan, dan fasilitas penunjang pendidikan, berupa media pembelajaran, seperti peralatan laboratorium IPA (Biologi, Fisika, Kimia), dan media pembelajaran lainnya, seperti in focus, OHP terus ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan siswa.

Perayaan hari keagamaan
Perayaan hari keagamaan

Kurikulum yang diberikan di SMA TRI RATNA mengikuti perkembangan Pendidikan Nasional dengan memperhatikan kebutuhan siswa di lapangan serta kegiatan-kegiatan yang menunjang prestasi bagi siswa.

Pelajaran yang diberikan tentunya adalah merupakan pemenuhan permintaan keterampilan di dunia kerja saat siswa lulus nanti. Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin dan Komputer merupakan pelajaran yang wajib dikuasai siswa. Sementara untuk mempersiapkan siswa mengenal lebih dekat lapangan kerja profesi Akuntansi, pembekalan program Akuntansi diberikan sebagai tambahan.

Penelitian produksi gula jawa
Penelitian produksi gula jawa

Menghadapi tuntutan era globalisasi, mulai tahun pelajaran 2012-2013, SMA Tri Ratna bekerjasama dengan Binus Centre dalam pembelajaran Komputer. Dengan kerjasama ini diharapkan siswa dapat lebih memahami penerapan teknologi terutama akses ke Teknologi Dunia Industri.

KEGIATAN EKSTRAKURIKULER
Keseimbangan antara kemampuan dengan kegiatan haruslah selaras, agar siswa tumbuh menjadi manusia Indonesia yang bukan hanya memiliki tingkat intelegensi yang baik, tetapi juga memiliki kepekaan sosial yang tinggi.

SMA TRI RATNA melalui program OSIS melakukan beberapa kegiatan dengan tujuan mengembangkan ide, kreativitas dan kepribadian siswa agar tumbuh menjadi pribadi dewasa mandiri. Kegiatan tersebut antara lain :

GMPM – ARANAFS (Generasi Muda Peduli Moral – Anti Rokok, Anti Narkoba, dan Anti Free Sex), yang diresmikan pada tanggal 26 Mei 1996, merupakan kelompok siswa SMA terpilih yang dengan kesadaran sendiri berjanji seumur hidup untuk tidak melakukan hal negatif tersebut di atas.
Kegiatannya berupa lomba poster, lomba debat yang diadakan setiap tanggal 1 Desember yang merupakan hari AIDS sedunia, serta memberikan penyuluhan ke beberapa sekolah mengenai ARANAFS. GMPM bekerja sama dengan Yayasan Mitra Indonesia dan Yayasan Pelita Ilmu dengan menyelenggarakan pelatihan anti AIDS.

Generasi muda peduli moral
Generasi muda peduli moral

PMR (Palang Merah Remaja). Dalam kegiatan ini siswa dilatih untuk cekatan menolong korban kecelakaan, bencana alam, seperti membuat tandu, membalut patah tulang, membalut luka, serta melayani teman atau guru yang sakit.

KIR (Kelompok Ilmiah Remaja). Dalam kegiatan ini siswa mengadakan pameran pendidikan berupa peragaan percobaan ilmiah, serta mengundang siswa-siswa sekolah lain sambil memperkenalkan sekolah TRI RATNA kepada masyarakat luas.

LH (Lingkungan Hidup) adalah laboratorium pembelajaran Biologi bagi siswa yang berlokasi di lantai 5 gedung Sekolah TRI RATNA. Kegiatannya bermacam-macam, misalnya pembenihan, pemindahan benih sayuran, penyiraman setiap hari, perawatan, pemanenan sampai dengan penjualan. Sayur-sayuran yang ditanam di antaranya caisin, kailan , kangkung, salada, bayam, oyong, wortel, pare, paprika, tomat, cabai, dan ubi kayu. Sedangkan tanaman hias antara lain, bunga mawar, lidah buaya, cemara. Ada juga tanaman obat seperti kunyit, jahe, temu lawak, daun sambiloto dll. Pupuk yang digunakan adalah kompos. Sayuran kemudian dijual kepada masyarakat Sekolah TRI RATNA. Sistem hidroponik diuji-cobakan juga di sini, yaitu sistem penanaman tanpa menggunakan media tanah.

Kegiatan ekskul olah raga Renang, Badminton, Basket dan Futsal dilaksanakan setelah pelajaran sekolah usai, yaitu pada sore hari setiap minggu. Pertandingan yang pernah diikuti antara lain, pertandingan persahabatan antar sekolah sampai pertandingan ‘Soccer Make Peace’ yang diadakan oleh ICRP.

Paduan Suara
Paduan Suara

Juara 1 lomba fotografi
Juara 1 lomba fotografi

SMA JENDELA INFORMASI
Untuk memberikan gambaran dan informasi yang tepat bagi siswa SMA, SMA TRI RATNA bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi menyelenggarakan PAMERAN PENDIDIKAN yang diadakan di lantai IV gedung sekolah TRI RATNA. Pameran Pendidikan ini diminati bukan hanya oleh siswa-siswa SMA dan SMK TRI RATNA, tetapi juga dikunjungi banyak siswa dari SMA lain. Orang tua murid diundang dalam acara ini, dengan harapan dapat membantu putra-putrinya menentukan perguruan tinggi yang diminati.

belajar gamelan - karawitan
belajar gamelan – karawitan

Dengan semangat kebersamaan dan hubungan erat antara guru dan siswa, mampu mengantar suskses para lulusan.