Unit SMP

MENGINTEGRASIKAN NILAI-NILAI KEMANUSIAAN DALAM PEMBELAJARAN

prestasi siswa
prestasi siswa

SMP Tri Ratna memulai kegiatan pertamanya pada tahun 1983 dengan jumlah siswa 19 orang. Sebagian siswa pada saat itu merupakan mutasi dari beberapa sekolah di sekitarnya. Pada tahun pelajaran 2012-2013, telah memiliki 6 rombongan belajar. Status terakreditasi A dicapai pertama kalinya pada tahun 2003, dan berlaku hingga saat ini.
Kurikulum Pembelajaran
Kurikulum yang dipakai adalah merupakan penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dengan mengintegrasikan nilai-nilai Kemanusiaan dalam setiap mata pelajaran. Bekal kompetensi dasar yang diberikan diharapkan mampu menjadikan siswa cerdas dan memiliki akhlak baik dalam kehidupan sehari hari. Bahasa Mandarin dan Mathematics in English diajarkan kepada siswa untuk memenuhi kebutuhan siswa mengikuti perkembangan dan kemajuan teknologi dan Bahasa asing,

latihan kepemimpinan
latihan kepemimpinan

Di samping kegiatan Akademik, Kegiatan Extrakurikuler merupakan kegiatan yang sangat di tunggu oleh siswa-siswi. Hal ini dikarenakan dengan melakukan kegiatan itu siswa-siswi dapat menyalurkan bakat dan minatnya, di bidang olah raga, Kepramukaan dan seni. Kegiatan ekstra lainnya yang juga mempunyai daya tarik sendiri antara lain, Tata Boga, Home Industry dan Keterampilan dalam mendesain gambar, photoshop.
pentas tari
pentas tari

Kegiatan kesenian, seperti seni musik, seni tari dan seni lukis merupakan ajang ekspresi bagi siswa dalam melatih kepekaan emosi serta estetika siswa. Bakat siswa dalam bidang seni dapat mengantarkan siswa untuk memperoleh berbagai penghargaan yang membanggakan.
Olah raga merupakan suatu kegiatan yang sangat penting, selain badan yang sehat, para siswa mempunyai kesempatan untuk mencetak berbagai prestasi, diantaranya tim basket yang setiap tahun selalu ambil bagian dalam berbagai kompetisi dengan prestasi yang memuaskan.
Dalam bidang keagamaan siswa di didik untuk selalu melakukan meditasi pada pagi hari sebelum memulai proses belajar, hal itu bertujuan agar siswa dapat berkonsentrasi dalam belajar. Pekan Penghayatan Dhamma (PPD) dan Retret telah menjadi program tahunan khusus yaitu para siswa di berikan kesempatan untuk belajar bermeditasi dan hidup berkesadaran serta untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian nasional.
kepramukaan merupakan kegiatan ekstra kurikuler yang bertujuan agar para siswa-siswi dapat mandiri, berdisiplin, berwawasan dan bakti serta peduli terhadap sesama dan lingkungan. Pelantikan gugus depan yang telah lulus mengikuti tingkat kecakapan khusus sebagai jenjang menuju penggalang ramu diadakan setiap tahun yang bertempat di Bumi Perkemahan Cibubur dan Bumi perkemahan lainya.
persami
persami

Dalam keterampilan home industry siswa dilatih untuk membuat karya sendiri yang memiliki nilai jual seperti sabun cuci, sabun cuci piring, pembersih lantai, pelembut pakaian, pembersih kaca, beraneka macam bentuk lilin , cara merangkai bunga, tas, serta melukis baju. Siswa diajarkan mulai dari proses pembuatan hingga proses pemasaran, sehingga siswa memiliki kesempatan langsung untuk mempraktikan ilmu ekonomi yang telah diperoleh di kelas, antara lain mulai dari merencanakan, mengelola modal dasar, penjualan dan penghitungan hasil keuntungan. Selain itu juga ada keterampilan memasak yang disebut dengan tata boga, siswa dilatih sedini mungkin untuk bisa mengenal tata cara memasak agar para siswa bisa hidup mandiri dan bisa menyiapkan makanan untuk diri sendiri.
Untuk menunjang kegiatan pembelajaran di sekolah, sesuai dengan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan, setiap tahun SMP memiliki program studi wisata ke Museum Sejarah, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Kebun Raya Bogor, Museum Konferensi Asia Afrika, Museum Geologi dengan tujuan mengenalkan lebih dekat dan secara nyata baik peninggalan sejarah, budaya maupun tumbuh-tumbuhan.
studi wisata - tmii
studi wisata – tmii

Berkat usaha keras para siswa, bimbingan para guru dan kerjasama yang baik dengan orang tua, SMP TRI RATNA mampu meluluskan siswa siswanya dari pendidikan dasar dan mengantar mereka ke jenjang lebih tinggi.
Retret Dhamma
Retret Dhamma